Kamis, 28 April 2016

Khasiat dan Manfaat Biji Pepaya

Khasiat dan Manfaat Biji Pepaya

Khasiat dan Manfaat Biji Pepaya. Mungkin sering kita saat makan pepaya, membuang biji pepaya dan hanya memakan daging buahnya saja. Ternyata biji pepaya banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, Apa saja khasiat dan manfaat biji pepaya untuk kesehatan kita?

Manfaat Biji Pepaya

Khasiat Biji Pepaya untuk Kesehatan
Biji yang sering kita buang ini ternyata mempunyai banyak manfaat juga untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

Sebagai Anti-bakteri

Biji pepaya berfungsi sebagai anti-bakteri. Sehingga dia mempunyai peranan penting dalam kesehatan tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa biji pepaya efektif membasmi E.coli, di mana bakteri E. Coli adalah bakteri yang dapat menggaggu proses pencernaan. Selain itu, biji pepaya juga dapat membasmi bakteri Salmonella dan infeksi staph.
Biji Pepaya untuk Obat Tradisional

Mencegah Infeksi Parasit

Biji pepaya mengandung enzim proteolitik yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu membersihkan tubuh dari parasit. Dengan cara yang sama papain akan memecah limbah protein, yang dapat memecah parasite dan telurnya. Tingkat enzim pencernaan dalam makanan kita, dapat membantu membersihkan saluran pencernaan, dengan demikian keberadaan cacing dan parasit lainnya dapat dicegah. Biji pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang disebut carpaine yang efektif membasmi cacing parasite dan amuba. Dalam sebuah studi terhadap anak-anak Nigeria yang mengidap parasit dalam pencernaan, 76,6 persennya dinyatakan bebas parasit setelah tujuh hari mengonsumsi biji pepaya.

Mengatasi Cacingan

Penyakit Cacingan sering kali menjangkit anak-anak dikarenakan mereka belum begitu mengerti tentang kebersihan.Telur-telur cacing dengan mudahnya dapat masuk ke dalam tubuh ketika si anak makan sesuatu tanpa mencuci tangan. Telur-telur cacing yang menempel pada ujung jari masuk ke dalam tubuh akan berkembang biak dan menjadi cacing-cacing dewasa. Hal ini dapat diatasi dengan biji pepaya yang sangat efektif dalam membasmi cacing-cacing tersebut ( biasa disebut cacing gelang). Kita dapat dengan membuat ramuan dengan cara menyiapkan 2 sendok makan biji pepaya yang sudah dikeringkan, ditumbuk halus dan dapat diseduh dengan air panas. Tambahkan 2-3 sendok madu. Minum ramuan ini 2 kali sehar secara rutin.

Mengobati Sirosis Hati

Sirosis adalah suatu kondisi di mana jaringan hati yang normal digantikan oleh jaringan parut (fibrosis) yang terbentuk secara bertahap. Jaringan parut ini berpengaruh pada struktur normal dan regenerasi sel-sel hati.Sel-sel hati menjadi rusak dan kehilangan fungsinya. Ada banyak faktor yang melatar belakangi keberadaan penyakit ini, salah satunya karena mengkonsumsi alcohol secara berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini mengakibatkan hati menyusut dan mengeras. Secara umum, kerusakan sel-sel hati tidak dapat direhabitilasi. Namun ada beberapa upaya untuk pencegahan jaringan parut hati lebih lanjut, atau memperlambat kerusakan sel-sel hati. Dalam pengobatan China, detoksifikasi hati dapat dibantu dengan mengkonsumsi biji pepaya. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter secara alami dapat untuk pengobatan sirosis hati.

Mengatasi Rambut Beruban

Biji pepaya mengandung senyawa Glucoside Carcirindan yang dapat membantu mengatasi masalah rambut beruban. Rambut beruban muncul karena faktor bertambahnya usia beranjak dewasa atau usia yang lebih tua. Akan tetapi, uban juga kadang tumbuh pada usia muda seperti anak-anak atau usia remaja karena kekurangan pigment yang merupakan zat warna yang membuat rambut menjadi hitam. Masalah rambut beruban dapat diatasi dengan ramuan biji pepaya yang disangrai kemudian ditumbuk dan dicampur dengan minyak kelapa. Lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut sembari dipijat. Setelah itu, kepala dapat ditutup dengan handuk sekitar 2 jam. Kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.

Dari beberapa ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa biji pepaya memiliki peran penting dalam membantu kesehatan tubuh. Dengan mengetahui manfaat biji pepaya ini tentu kita tidak perlu berfikir lagi untuk menggunakannya ketika kita membutuhkan. Untuk membuat ramuannyapun tidak susah.
Obat Hebal Biji Pepaya

Perhatian: Meskipun biji pepaya sudah dikembangkan untuk pengobatan, namun ada hal yang perlu duperhatikan. Ibu hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi biji pepaya karena akan membahayakan kesehatan janin. Beberapa penelitian hewan juga menunjukkan adanya pengaruh pada pengurangan kesuburan pria. Maka dari itu, tidak dianjurkan mengkonsumsi biji pepaya secara terus menerus seama beberapa bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar